Home » Inikah Dampak Yang Diakibatkan Dari Pemasangan IFRAME Pada Widget Blog Terhadap SEO?

Inikah Dampak Yang Diakibatkan Dari Pemasangan IFRAME Pada Widget Blog Terhadap SEO?

Contoh Widget Dalam Bentuk IFRAME Yang Terpasang Pada Sidebar Blog
Pernahkah Anda melakukan pengecekan terhadap seberapa tinggi perolehan nilai SEO dari template yang Anda gunakan? Ya, SEO Score. Bisa jadi selama ini hal tersebut merupakan salah satu faktor dari berbagai faktor lain yang menjadi sebuah pertimbangan bagi seorang Blogger ketika ingin menggunakan template tertentu untuk blog yang dikelolanya. Sehingga apabila diberikan beberapa pilihan template yang serupa dengan peringkat SEO yang berbeda, maka bisa jadi template yang dipilih untuk kemudian dipasang dan digunakan adalah template yang memiliki SEO Score paling tinggi. Namun tahukah Anda bahwa sepertinya peringkat awal sebuah template bukanlah suatu jaminan untuk mendapatkan nilai SEO yang tinggi pada blog yang kita kelola, karena bisa saja SEO Score akan berubah seiring dengan penambahan atau pemasangan widget pada blog yang kita kelola.

Berbicara tentang pengaruh widget terhadap SEO Score sebuah blog, salah satu widget yang ternyata mengakibatkan dampak “cukup besar” adalah widget yang berbentuk IFRAME. Sebagai contoh paling mudah untuk widget jenis ini misalnya adalah Facebook Like Button Widget seperti yang tampak pada gambar di atas.
Lantas seberapa besarkah pengaruh pemasangan widget dalam bentuk IFRAME terhadap SEO Score sebuah blog? Berdasarkan percobaan pengecekan yang saya lakukan dengan memanfaatkan fasilitas pengecekan peringat SEO yang disediakan oleh CHKME, ternyata pemasangan IFRAME pada widget blog dapat mengurangi SEO Score cukup banyak. Dalam hal ini lebih kurang terdapat selisih sekitar 22% antara blog yang memasang widget dalam bentuk IFRAME dengan blog yang tidak memasang widget dalam bentuk IFRAME. Dimana blog yang dimaksud adalah sama dan menggunakan template yang sama pula.
Selanjutnya, sebagai gambaran bukti dari hal tersebut di atas adalah sebagaimana yang tampak pada kedua gambar cuplikan di bawah ini.
Pertama, berikut ini adalah cuplikan gambar yang menunjukkan peringkat SEO yang didapat sebelum dilakukan pemasangan widget dalam bentuk IFRAME.
SEO Scrore Eltelu Blog Sebelum Dilakukan Pemasangan Widget Dalam Bentuk IFRAME
Sumber gambar. chkme.com
Kedua, sedangkan berikut ini adalah cuplikan gambar yang menunjukkan peringkat SEO yang didapat setelah dilakukan pemasangan widget dalam bentuk IFRAME.
SEO Scrore Eltelu Blog Setelah Dilakukan Pemasangan Widget Dalam Bentuk IFRAME
Sumber gambar. chkme.com
Berdasarkan kedua cuplikan gambar di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan SEO Score yang sangat mencolok antara blog yang tidak memasang IFRAME dengan blog yang memasang IFRAME dalam widget. Sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “pemasangan widget dalam bentuk IFRAME sangat berpengaruh terhadap SEO”. Akan tetapi satu hal yang perlu diingat adalah bahwasanya kesimpulan tersebut hanya mengacu pada perolehan peringkat berdasarkan penghitungan skor yang dilakukan oleh CHKME saja, karena (menurut sepengetahuan saya) SEO Score yang ditunjukkan oleh CHKME tidak jarang dipakai sebagai salah satu tolok ukur untuk menentukan apakah sebuah template termasuk dalam kategori SEO Friendly atau tidak. Sementara itu bila dilakukan pengecekan dengan menggunakan fasilitas SEO Tools yang lain, bisa saja kesimpulan hasilnya tidaklah seperti kesimpulan hasil di atas.

Kembali pada pembahasan tentang pemasangan widget dalam bentuk IFRAME, jika pada kenyataannya hal tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya nilai atau peringkat SEO sebuah blog, maka sebaiknya bagaimana? Apakah lantas pemasangan widget dalam bentuk IFRAME perlu dihindari atau bahkan tidak usah dilakukan sama sekali?
Tentu saja jawabannya akan menjadi satu hal yang sangat membingungkan, karena di satu sisi bisa jadi pemasangan widget dalam bentuk IFRAME dapat memberikan suatu keuntungan (sebagai contoh misalnya memberikan kemudahan pada pembaca serta pengunjung) akan tetapi di sisi lain bisa jadi malah mengakibatkan kerugian tersendiri (sebagai contoh misalnya dapat mengakibatkan berkurangnya peringkat SEO).
Lantas bagaimana solusinya?
Jadi, berdasarkan dari segala keuntungan maupun kerugian yang diakibatkan, (menurut saya) pemasangan widget dalam bentuk IFRAME sebenarnya tidaklah harus dihindari. Selama pemasangannya tidak berlebihan, maka (menurut saya) pemasangan widget dalam bentuk IFRAME juga tidak akan mengakibatkan dampak buruk yang berlebihan pula pada blog yang kita kelola.

Nah, terkait dengan perihal uraian tersebut di atas, kalau menurut pendapat Anda bagaimana?

Ditulis Oleh : Unknown ~ Tips dan Trik Blogspot Ebook Dan Game Dll

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Inikah Dampak Yang Diakibatkan Dari Pemasangan IFRAME Pada Widget Blog Terhadap SEO?. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

No comments:

Post a Comment