Home » » Ini 3 Tahap Proyek Pembuatan Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie

Ini 3 Tahap Proyek Pembuatan Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie



Jakarta -Mantan Menristek BJ Habibie sedang merancang pesawat jenis turbo prop R80 yang kini dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) bersama PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Persiapan pembuatan pesawat ini mulai sejak 2013 lalu. Ada beberapa tahapan proses pembuatan pesawat berkapasitas 80 penumpang ini.

Presiden Direktur RAI Agung Nugroho menyebutkan pengembangan pesawat baling-baling ini terbagi menjadi 3 fase:

Fase pertama merupakan tahap desain awal atau preliminary design, uji pasar, uji finansial dan bisnis, mencari konsumen dan rencana bisnis. Fase ini dilakukan di tahun 2013-2014.

"Kita sekarang di dalam business plan (rencana bisnis) dan pleminiary design atau design awal," kata Agung ditemui di acara MoU antara PT RAI dengan Dassault Systèmes di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (8/4/2014).

Fase kedua, yaitu full scale development (pengembangan skala penuh) dilakukan dari tahun 2014 hingga 2017. Di fase ini dilakukan langkah-langkah yang lebih konkret antaralain detail design, pembuatan prototipe, uji coba terbang, sertifikasi tipe dan produk serta persiapan industrialisasi atau produksi massal.

Komisari PT RAI, Ilham Habibie mengatakan pada tahun depan prototipe pesawat ini sudah bisa dibuat. Juga termasuk harga dari pesawat ini pun sudah bisa diketahui.

"Kita belum tuntas, kita belum pilih engine, kokpitnya itu kalau sudah kita bakukan designya. Mungkin pertengahan atau akhir tahun. Kalau itu selesai definisi pesawat itu sudah oke, maka kita bisa berikan harga," katanya.

Fase ketiga, yaitu serial production, sales and product support. Fase yang dilakukan di 2018-selanjutnya ini mencakup produksi, penjualan, purna jual, dan pengembangan lebih jauh.

Sumber : http://finance.detik.com/

Ditulis Oleh : Unknown ~ Tips dan Trik Blogspot Ebook Dan Game Dll

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Ini 3 Tahap Proyek Pembuatan Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

No comments:

Post a Comment